Jumat, 23 Oktober 2020


Resume Diklat Menulis oleh Haji Encon Rahman (23/10/2020)

    Assalamu'alaikum Wr. Wb. Salam sehat salam semangat.
Malam ini merupakan malam ke-3 saya mengikuti diklat Tehnik dan Cara tulisan dimuat di majalah dan koran oleh Haji Encon Rahman dan dimoderatori oleh Bunda Fatimah dari Aceh. Tak terasa waktu bergulir begitu cepat, saya menyoba untuk terus semangat memperdalam teknik, tips, dan trik menulis  karya tulis agar bisa diterbitkan di koran danmajalah populer.
   Tips dan trik bagaimana tulisan bisa diterbitkan di koran atau majalah oleh Haji Encon yang memang sangat menyukai membaca koran. Berawal dari hobby membaca koran tergugahlah hatinya untuk menulis di koran, sayangnya Beliau masih belum punya teknik dan cara untuk bisa tulisannya diterbitkan di majalah dan koran. Akhirnya hobby menulisnya disalurkan untuk mengisi majalah dinding di SPG, ternyata hobby menulisnya diikuti oleh guru di SPG dan beliau menyarankan Haji Emran muda untuk mencoba mengirim karyanya di koran. Koran yang di tuju adalah koran yang masih kecil oplahnya yaitu Koran Mitra Desa. Haji Encon terus mencoba menulis cerpen, opini, kartun. Dari sini Beliau juga mengirim karyanya ke guru prestasi dari sini termotivasi untuk mengirim karya ke Harian Umum Pikiran Rakyat dan karyanya selalu dimuat berupa artikel, sajak, pikcher, humor.
    Ketika ingin belajar menulis diawali dari tulisan yang ringan dan diterbitkan di koran-koran yang masih belum terkenal yang persaingannya sedikit, walaupun mungkin honornya kecil atau bahkan tidak ada sama sekali, tetapi dengan dimuatnya karya kita maka ini menjadi motivasi buat kita untuk terus berkarya. Selain dimuatnya tulisan kita sebagai motivasi, honor yang kita terima juga merupakan salah satu bentuk penghargaan yang menyemangati kita untuk terus berkarya. Ada kebanggaan tersendiri ketika kita bisa memberikan kebahagiaan kepada orang lain dari honor yang kita terima melalui karya tulisan kita, misalnya dengan menraktir bakso teman teman di kantin sekolah.
    Honorarium yang diterima oleh Haji Encon dikumpulkan hingga bisa mengikuti sipenmaru dengan biaya sendiri. Sayangnya masih belum beruntung. Akhirnya ada teman yang menyarankan untuk kuliah untuk mendapatkan gelar. Akhirnya Haji Encon kuliar di Unpas mengambil jurusan Bahasa Indonesia yang mempelajari tehnik menulis dan pengembangan tentang bahasa. Selain kuliah beliau tetap menulis untuk koran dan menerima jasa membuat karya tulis untuk teman teman kuliahnya, misalnya skripsi. Sehingga biaya hidup bisa dipenuhi dengan kegiatan yang dilakukan oleh Beliau apalagi honor sebagai penulis yang dimuat di koran waktu itu lumayan besar.
    Beliau juga berkumpul dengan komunitas penulis dan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) cara menulis artikel dan cerpen yang baik. Dari sini kemampuan Haji Encon semakin terasah dan terus berkembang. Beliau saat membutuhkan uang besar, beliau berpikir untuk melakukan sesuatu yang menghasilkan uang. Lalu Beliau mencoba untuk menulis cerpen untuk di majalah anak anak dan setelah sebulan Beliau dipangil untuk diterbitkan dan oplah penjualannya sangat banyak di Bandung.
    Beliau memang sangat gigih untuk terus menulis dan menulis ke beberapa tabloit, majalah, dan koran. tidak peduli dimuat atau tidak dimuat yang penting terus menulis. Alhamdulilah dari hasil menulis kebutuhan secara finansial dan kebutuhan lain bisa terpenuhi.
    Strategi selanjutnya adalah kita harus tahan mental dan tahan banting, jika tidak dimuat jangan putus asa. Hal ini harus menjadi intropeksi diri. Jika tidak dimuat mungkin judulnya tidak sesuai dengan redaksi, tulisan tidak sesuai dengan tema, atau tulisan kita sudah didahului oleh orang lain. Tipsnya adalah sering membaca koran, kirim artikel ke koran dan majalah lokal dulu, istiqomah dalam menulis. Jika kita sering menulis maka dari banyak yang kita kirim akan ada yang akan terbit. Kirim dan terus kirim. Harus fokus dan kuat mental.
    Tips yang kedua adalah buat kliping dari tulisan orang lain. Buat tematik karya orang lain dan baca hasil karya orang lain. Buat kliping dari tema tema aktual. Beli koran dari berbagai artikel, kliping dan simpan. Sehingga di tahun berikutnya kita bisa tulis tema yang sama tetapi lebih lengkap karena kita bisa membaca pikiran dari banyak penulis sebelumnya pada tema yang sama. Hal yang juga perlu diperhatikan kita juga harus mempertimbangkan visi misi koran tempat kita menerbitkan karya kita.
    Menulis di koran mempunyai banyak manfaat diantaranya dapat honorarium, klipingnya bisa dijadikan untuk mengumpulkan angka kridit, dari artikel yang kita kumpulkan bisa dijadikan buku yang juga bisa dipakai untuk mendapatkan angka kridit.
    Materi bimbingan yang akan disampaikan dalam Bimtek Menulis Artikel Populer  untuk Surat Kabar dan Majalah agar bisa dimuat adalah:
Panduan menulis artikel, Perkenalan
Materi awal pengertian artikel dan media massa
🌹Bagaimana cara menulis judul artikel yang menarik?
Bagaimana syarat dan ketentuan penulisan judul artikel untuk koran dan majalah?
🌹Bagaimana Anatomi tulisan artikel dan jenis-jenis artikel untuk surat kabar dan majalah
🌹Apa saja sifat tulisan artikel yang dibutuhkan surat kabar dan majalah?
🌹Bagaimana caranya menggali ide tulisan artikel? 
Bagaimana cara menguji ide untuk tulisan artikel agar dimuat pada koran dan majalah?
🌹Bagaimana cara mengumpulkan referensi untuk artikel?
Bagaimana cara mulai menulis artikel untuk koran dan majalah?
🌹Bagaimana kiat praktis menulis intro artikel agar menarik?
Bagaimana cara mengirim tulisan artikel ke koran dan majalah agar dimuat?
🌹bagaimana tata krama cara mengirim artikel pada koran dan surat kabar?
apa saja identitas yang harus kita siapkan pada saat kita mengirim tulisan artikel pada koran dan majalah?
🌹Berapa jumlah kata dalam artikel untuk koran dan majalah agar dimuat
Bagaimana caranya mengambil honor tulisan yang sudah dimuat di koran dan majalah?
🌹Bagaimana caranya mengetahui tulisan artikel kita dimuat atau tidak pada koran dan majalah?
Bagaimana etika mengirim artikel kepada tiga media yang sejenis?
🌹Bagaimana kiatnya agar artikel yang kita kirim selalu dimuat oleh redaksi surat kabar dan majalah?
🌹Bagaimana caranya mengajukan artikel untuk angka kredit atau kenaikan tingkat
Daftar alamat dan email surat kabar lokal dan nasional. 
🌹Praktik cara menulis artikel, bimbingan, revisi dan saran-saran cara menulis artikel yang layak muat untuk surat kabar dan majalah
    Butuh ketekunan agar tulisan kita bisa dimuat di koran dan majalah selain tehnik dan trik menulis yang sudah dipaparkan tadi.
1. Menulis diblog
2. Menulis Buku Antologi, secara Solo atau bisa secara bersama, maksimal 4 orang
3. Menulis Buku Karya Bersama
4. Menulis Buku Karya Sendiri

    Demikian resume Diklat Tehnik Menulis agar bisa dimuat di koran dan Majalah

#PGRI#DIKLAT MENULIS#BIMTEK MENULIS ARTIKEL





18 komentar:

  1. Mantapp.. Terimaksih telah membuat resume dengan baik. Semangat terus ya

    BalasHapus
  2. Mantaaap bu gercep juga, sya baru selesai tulis tangan hahaha maklum ingatan sudah tak tajam

    BalasHapus
  3. Resumenya keren, semangat terus...

    BalasHapus
  4. Kalau saya sih lihatnya dari desain blog ini. Nuansa hijau yang segar, dengan latar pohon bambu di belakang, bikin enak dan nyaman di mata. Font tulisan juga bagus, sehingga makin cantik blog ini dinikmati.

    BalasHapus
  5. Blognya mantap seperti yang dikatakan pak Rizky adem lihatnya. Resumenya juga padat dan mantap

    BalasHapus
  6. Jarak antar paragraf rapat ya, semua sudah ok

    BalasHapus
  7. mantap pak, semakin wah sajalah...ayo berkunjung jugaaa yaaa

    BalasHapus
  8. Apik pak👋👍 senang main ke sini. Apalagi kalau ditambah dengan gambar sebagai penguat cerita 👋👍

    BalasHapus
  9. Resumenya mantaap bu, gercep lagi, suks3s yah

    BalasHapus
  10. Resumenya sudah bagus, bahasa yang indah ....

    BalasHapus
  11. Kesan saya, tulisan sangat rapi sekali. Font terlihat terang, nyaman untuk dibaca

    BalasHapus
  12. resumenya bagus bu.. nyaman masuk ke sini. ijo-ijo sedap

    BalasHapus
  13. Tampilan blognya bagus dan resumenya lengkap.

    BalasHapus
  14. Saya suka dengan background blog ini, nature by design

    BalasHapus
  15. Mantap. Tinggal perbaikan minor kesalahan penulisan saja. Misalnya, kurang spasi, hobby, kuliar. Pasti lebih mantap. Tabik.

    BalasHapus
  16. Tambahan sedikit, ada tulisan picker mungkin maksudnya feature ya, Pak?

    BalasHapus

MAHALNYA KEJUJURAN

Ingin kutumpahkan gejolak rasa dalam dada di sini. Mungkin ini lebih aman dan lebih nyaman buatku. Sejatinya hidup itu mudah, tapi mengapa m...