Rabu, 28 Oktober 2020

PANDEMI COVID MEMBUAT GURU MENJADI LEBIH KREATIF MEMANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI

#PGRI#KSGN#EPSON#KOGTIK#
http://gurupenggerakindonesia.com
 

Ditulis oleh:

Agustina Pertiwiningrum, M. Pd.

agustinapertiwiningrum@gmail.com

Assalamualaikum, salam sehat, dan salam semangat. 

Gonjang ganjing covid 19 telah memporakporandakan kenormalan dan kemapanan kehidupan. Dulu belajar dengan bersekolah, sekarang bersekolah harus di rumah. Dulu belajar dilarang pegang HP, sekarang HP digunakan untuk belajar. Dulu menjenguk orang sakit dianjurkan,  sekarang disarankan untuk dihindarkan. Dulu takziah merupakan wajib kifayah,  sekarang jenazah langsung masuk liang lahat menggunakan alat pengangkut. Dulu bersilahturahmi dengan cara berkumpul dan beranjang sana, sekarang bertemu dan berkumpul dilarang. Dulu sholat disarankan berjamaah di masjid,  sekarang dianjurkan sholat di rumah. Ini merupakan dampak dari pandemi covid 19.

Mari kita ambil hikmah dari peristiwa yang menimpa dunia ini. Ternyata banyak hal baru yang akhirnya bermunculan dalam dunia pendidikan.  Demikian pula yang terjadi dengan saya sebagai seorang pendidik. Saya suka menulis materi pembelajaran yang saya ampu. Materi yang saya buat hanya tersimpan di dalam laptob. Dengan situasi pandemi Covid 19 menuntut saya untuk berinnovasi dan terus belajar kreatif bagaimana materi pembelajaran harus bisa tersampaikan pada peserta didik, dengan menarik dan benar konsep dipahami peserta didik. 

Saya mengikuti banyak seminar, diklat dan worshop terkait dengan pembelajaran jarak jauh yang kreatif dan innovatif. Mulai dari belajar menggunakan aplikasi googleclassroom, micrksoft 365, quizzis, dan sekarang belajar memanfaatkan blog untuk pembelajaran. Saya pun belajar menggunakan banyak aplikasi edit vidio, perekaman layar,  dan bagaimana mengupload vidio pembelajaran yang saya buat di youtube.  Ternyata banyak TI yang harus dikuasai guru di era pandemi covid 19. TI merupakan tuntutan sekaligus kebutuhan. Mulai hal yang sederhana,  sampai yang kompleks. 

Teknologi Informasi (TI) semakin ngetrend di era pandemi covid 19. Terutama dalam dunia pendidikan, TI menjadi kebutuhan yang mutlak dihadirkan dalam proses belajar mengajar. Dari tuntutan ini beberapa vidio yang berhasil saya buat untuk memudahkan peserta didik memahami konsep yang saya ajarkan adalah topik:

1. Enzim, menjelaskan tentang komponen penyusun, peranan, cara kerja, dan faktor-faktor yang mempengaruhi fungsinya. Berikut vidio pembelajaran tentang enzim. 

2. Pertumbuhan dan perkembangan menjelaskan tentang perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan, faktor-faktor yang mempengaruhinya, macam dan tujuannya. Berikut adalah vidio pembelajaran tentang pertumbuhan dan perkembangan. 

3. Metabolisme tentang respirasi seluler. Menjelaskan tentang tahapan dalam rwspirasi seluler meliputi glikolisis, dekarboksilasi oksidatif, daur krebs dan rantai transfer elekteon.  Berikut adalah vidio pembelajarannya

4. Respirasi anaerob. Fermentasi pada alkohol dan fermentasi asam laktat



5. Identifikasi organel Sel Hewan dan Tumbuhan



6. Virus, menjelaskan tentang sejarah penuan dan karakteristik virus.  Berikut vidio pembelajaran virus. 

7. Reproduksi Sel tentang proses gametogenesis pada hewan dan timbuhan. 

8. Protista menjelaskan apa itu protista, ciri, cara hidup dan berkembang biak serta peranannya dalam kehidupan manusia. Berikut saya sertakan salah satu contoh vidio pembelajaran yang saya upload melalui youtube


Semua saya lakukan sebagai bentuk konsekuensi dan tanggung jawab saya sebagai pendidik, berusaha agar peserta didik mudah dalam memahami teori yang disampaikan. 

Guru sebagai agen perubahan harus terus mau berubah karena generasi yang dididik merupakan manusia yang tumbuh dan berkembang sesuai eranya. Kita hidup di zaman X sementara peserta didik yang kita ajar sudah berada di zaman Z. Maka kita harus terus belajar sesuai jamannya jadi kita harus mengikuti pembelajaran sesuai zamannya. 

Memang tidak mudah melaksanakan perubahan, tapi kita harus berani melakukannya. Kita harus memaksakan diri untuk keluar dari zona nyaman,  belajar dan terus belajar karena perkembangan teknologi yang begitu pesat harus diikuti dengan berlari cepat jika kita tidak ingin ketinggalan dan tetap harus mengupdate dan mengupgrade kemampuan dan kompetensi diri. Jangan malu bertanya walaupun kepada peserta didik yang sedang kita ajar dalam urusan TI, karena justru mereka lebih menguasai TI karena inilah eranya mereka. Apa pun yang peserta didik lakukan mereka pebih familier dengan teknologi. Jadi guru memang harus terus melakukan inovasi pembelajaran di era covid 19. 

Membaca marilah kita jadikan budaya. Literasi sains dan literasi numerik mutlak kuta jadikan pembiasaan pada diri kita. Menyampaikan pendapat haruslah berdasarkan fakta dam data. Teruslah perkaya kemampuan siri melalui literasi. Mari pergunakan waktu sebaik baiknya untuk mengasah kemampuan dalam kompetemsi pedagogik, kompetensi profesional,  kompetensi sosial,  maupun kompetensi spiritual. Jika keempat kompetensi ini dikuasai dengan baik maka yakin bahwa pendidikan si Indonesia akan terus maju pesat. 

Selamat berjuang para guru Sang Agen Perubahan. Warna negara ini sangat bergantung pada keberhasilan kalian dalam mendidik anak anak bangsa. Mengajarlah dengan hati nurani, mengajarlah dengan ketulusan. Yakinlah semua akan berbalas. Jika kebaikan yang engakau tanam maka petiklah nikmatnya kehidupan yang mungkin tidak untuk kau nikmati sekarang tapi kelak engkau akan merasakan indahnya buah karyamu untuk bangsa ini. 

Profil Penulis

Agustina Pertiwiningrum, M. Pd. 
Penulis adalah seorang guru Biologi di SMA NEGERI 18 Surabaya.  
Mengampu mata pelajaran Biologi dan PKWU 
Selain mengajar juga sebagai 
1. Penulis buku pelajaran Biologi SMA kelas X, XI dan XII. 
2. Penulis Bank Soal Biologi SMA
3. Administrator Mobil Learning
4. Penulis buku Antologi dan puisi yang sudah diterbitkan. 

Prestasi yang pernah diraih adalah:
1. Guru prestasi juara 3 tahun 2015 tingkat kota
2. Guru prestasi juara 2 tahun 2016 tingkat kota
3. Juara 1 Olimpiade Sains Guru tingkat kota
4. Juara 2 Olimpiade Sains Guru tingkat Propinsi tahun 2016
5. Finalis Olimpiade Guru Nasional tahun 2016
6. Juara 2 Lomba Guru Prestasi tingkat Kota Surabaya tahun 2018
7. Juara 2 Lomba Guru Prestasi tingkat Propinsi Jawa Timur  tahun 2018

Beralamat di Dukuh Menanggal V/10 Gayungan Surabaya
Nomor yang bisa dihubungi 081233435826
Menikah dengan Arjo Susanto seirang PNS memiliki 2 orang putra dan 1 putri

Demikian profil saya

Wassalamualaikum wr wb
Salam sehat salam semangat





3 komentar:

  1. Ya sekarang ini serba terbalik, Semoga saja guru tetap ikhlas dalam PJJ nya !

    BalasHapus
  2. Good Job, keren isi dan tata letaknya. saya boleh belajar ya

    BalasHapus

MAHALNYA KEJUJURAN

Ingin kutumpahkan gejolak rasa dalam dada di sini. Mungkin ini lebih aman dan lebih nyaman buatku. Sejatinya hidup itu mudah, tapi mengapa m...