Selasa, 20 Oktober 2020

 

PELATIHAN BELAJAR MENULIS KE-16 

KOMUNITAS SEJUTA GURU NGEBLOG (KSGN)

RESUME 1 (21-10-2020)

            Berawal dari info yang dishare oleh Humas SMA Negeri 18 Surabaya, hari Sabtu, 17 Oktober 2020 bahwa ada kegiatan Lomba Blog Guru dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda. Rasa tertarik untuk mengembangkan kemampuan di bidang Literasi menuntun saya untuk mencoba bergabung dalam Pelatihan Belajar Menulis Angkatan ke-16 melalui link yang dikirim oleh OmJay. Alhamdulillah tanpa kesulitan bisa gabung dan langsung tancap gas karena agendanya begitu padat dan tugasnya lumayan wow...
        Dengan mengucap Bismillah, saya mulai menetapkan niat untuk bisa mengikuti setiap kegiatan yang diagendakan oleh panitia. Dalam waktu seminggu ada 3 worshop yang harus diikuti peserta dengan tagihan setiap kali selesai warkshop harus mengirim resume kegiatan dalam Blog pribadi yang telah dibuat dan kirim melalui link pengumpulan tugas resume.
        Syukur yang saya panjatkan untuk yang kedua kalinya adalah pada bulan September, saya telah mengikuti Diklat pembuatan Blog oleh IGI Pamekasan yang targetnya adalah setiap peserta diklat harus mampu membuat Blog. Alhamdulillah Pak Imam sebagai Instruktur Inti dalam kegiatan pembimbingan pembuatan Blog begitu telatan dalam membimbing peserta untuk bisa membuat, mendesain, mengisi artikel, vidio, materi pembelajaran, hingga penyusunan soal dengan benar. Semoga amal baik para Instruktur dibalas dengan keberkahan hidup dan keberkahan rizky. Sehingga untuk mengikuti Pelatihan Belajar Menulis, syarat untuk memiliki Blog yang aktif telah saya miliki.
        Blog yang telah saya buat masih sangatlah sederhana dan masih sedikit yang berkunjung. Semoga dengan mengikuti kegiatan Pelatihan Belajar Menulis, saya mampu mengembangkan Blog yang saya buat dan mampu memaksimalkan konten dalam Blog untuk kegiatan pembelajaran bersama para peserta didik saya. Aamiin ...
        Baiklah kini saya akan menyampaikan resume kegiatan Pelatihan Belajar Menulis Angkatan ke-16 untuk pertemuan pertama saya tentang Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD) sebagai berikut:

Visi

Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan komitment melaksanakan kegiatan bidang pendidikan dalam bentuk peran serta aktif meningkatkan kualitas dan kuantitas Literasi Indonesia fokus menerbitkan buku ber Lisensi Barcode ISBN Perpustakaan Nasional Tanpa Biaya

 Misi

  • Membantu para menulis menerbikan buku ber ISBN tanpa biaya
  • Menyelenggarakan Pelatihan Menulis
  • Menggerakkan kegiatan menulis melalui website YPTD terbitkanbukugratis.id

 Motto

 Penasehat Penakawan Penasaran

Organisasi

 Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan merupakan Amanah Bundo Kandung Petokayo AKBP (P) Hj. Husna Darwis binti H. Dahlan, SH Notariat (Almarhumah)

 Pengurus

Pembina          : M Yahya Dahlan

Ketua              : H. Thamrin Dahlan, SKM, M.Si

Sekretaris        : Renditthya Ramdan Fikiri, S, Hum

Bendahara       : Hj. Enida Busri, SKM, S, Kep

Anggota          : Aditya Husada. SE

                                      Amalia Muflihat, S.Hum

  Fauzan Hamidi, SE

Komisaris     :    Ir. Erdonis

                          Marlisa, SH.  M.Kn

  Ria Kemala SE

  Mekanisme Kerja

Gerakan menerbitkan buku ber–ISBN tanpa biaya dimulai ketika 20 orang penulis bermusyawarah di Cooffe Tofee Margonda Depok 19 Agustus 2020. Merupakan hari bersejarah ketika Gerakan ini mendapat dukungan sepenuhnya dari teman teman penulis.

Para Penulis segera menyosialisasikan Gerakan Terbitkan Buku Gratis  di media sosial baik di kompasiana.com, Facebook.com maupun di kanal  jaringan internet masing masing.  Seketika tanggapan dari para penulis yang telah mempunyai sedemikian banyak tulisan namun belum dibukukan cukup ramai masuk ke YPTD.

Informasi terbitkan buku gratis semakin marak ketika website YPTD yang di desain oleh sobat Nuryadi beralamat : terbitkanbukugratis.id di launching 25 Agustus 2020. Media komunikasi antara penulis YPTD intens melalui Whats App Group terbitkanbukugratis.id

Mukti Ali merupakan penulis pertama yang bukunya berjudul kenapa Orang Arab Tidak Suka Sendok diterbitkan YPTD.

 Program Menerbitkan Buku

 Program A : Penulis telah mempunyai naskah buku segera  kirim ke email thamrindahlan@gmail.com

 Program B : YPTD menerbitkan Buku dari Para Penulis posting di website terbitkanbukugratis.id setelah terkumpul naskah 150 – 200 halaman.

Program C : Penulis posting di website YPTD terbitkanbukugratis.id sampai 40-50 artikel 

kemudian diterbitkan oleh YPTD

Proses  Penerbitan Buku :

  1. YPTD menerima Nahkah Buku Penulis via email thamrindahlan@gmail.com lengkap dengan Judul, Daftar Isi, Cover depan belakang Buku dan Kata Pengantar.

Ketentuan Standard baku Buku terbitan YPTD

  •       Ukuran A5
  •       Font 12
  • .      Margin 1.5/1/1/1
  •       Huruf Times News Roman
  •        Spasi 1.5

  1. Ketebalan 150 – 200 Halaman 
  2. Tahapan selanjutnya setelah naskah memenuhi standard baku, Admin YPTD setiap hari Senin mengajukan permohonan Lisensi Barcode ISBN (International Standard Book Number) ke Perpustakaan Nasional.
  3. Setelah Barcode ISBN di keluarkan Perpustakaan Nasional,  Admin meng - informasi kan kepada para penulis melalui  WA Group terbitkanbukugratis agar para penulis melakukan editing atau persiapan buku sebelum naik cetak.
  4. Admin YPTD menyiapkan Kata Pengantar Penerbit, Halaman Judul dan Nomor Urut terbit serta Barcode ISBN.
  5.  Penulis memasukkan point (4) kedalam buku yang akan diterbitkan.
  6.  Selanjutnya setiap hari Rabu 2 (dua) pekan sekali Admin YPTD mencetak buku. Seluruh biaya cetak ditanggung YPTD.  Rata rata biaya cetak buku Rp 250.000 (duaratus lima puluh ribu rupiah) per judul. Buku dicetak  di Buring Digital Print Jalan Magonda Raya 393 Pondok Cina Depok.
  7.  Setiap Judul Buku dicetak 5 buah dengan aturan distribusi

a.       2 buku untuk Perpustakaan Nasional

b.      1 buku untuk Penulis berikut soft copy (flash disk)

c.       1 buku untuk Penyandang Dana

d.      1 buku untuk YPTD

8.  Buku untuk Penulis berserta soft copy dikirim by logistic transportation.  Secara resmi seorang Penulis memiliki Mahkota ketika telah memiliki Buku Perdana. Seandainya  ingin memperbanyak buku untuk dipromosikan kemudian dijual atau untuk hadiah Penulis bisa mencetak Buku secara mandiri menggunakan soft copy di percetakan mana saja. 

9.   Buku buku untuk Sponsor akan dikirimkan ke alamat by Go Send sesuai  jumlah buku ke alamat Penyandang Dana berserta ucapan terima kasih telah mendukung Gerakan Menrbitkan Buku ber ISBN Tanpa Biaya. 

10.  Setiap hari Rabu 2 bulan sekali YPTD menyerahkan secara langsung Buku Buku yang telah diterbitkan ke Perpustakaan Nasional sesuai Regulasi ISBN.  Buku buku para penulis menjadi milik dan koleksi Negara tersimpan abadi di Perpustakaan Nasional 

11.  2 Pekan sekali YPTD minimal mencetak 10 buku sehingga target  menerbitkan 200 buah buku selama satu tahun sampai 29 Juli 2021 tercapai.

Demikian resume pertemuan pertama, semoga bermanfaat


3 komentar:

  1. Wow tampilan blognya bagus sekali, resumenya juga lengkap informatif...

    BalasHapus
  2. Keren blognya dgn resume yg lengkap,, jos,, salam sukses selalu,,

    BalasHapus
  3. Terima kasih mbak tini dan mas Ahsanuddin atas supportnya. Maju bersama hebat semua

    BalasHapus

MAHALNYA KEJUJURAN

Ingin kutumpahkan gejolak rasa dalam dada di sini. Mungkin ini lebih aman dan lebih nyaman buatku. Sejatinya hidup itu mudah, tapi mengapa m...